Monday, 3 October 2011

Pin It


Get Gadget

9 Cara Mudah Mengatasi Sifat Pemalu


Sejujurnya saya sudah lama sekali berjuang mengatasi sifat pemalu yang saya miliki selama bertahun-tahun. Saking pemalunya, banyak orang menganggap saya sombong. Padahal itu karena saya tidak tahu harus ngomong apa ke orang itu. Alih-alih bicara, saya malah berusaha menghindari orang tersebut. Tapi sejak memasuki usia 30-an, walaupun kadang-kadang masih suka muncul juga terutama bila harus bertemu orang banyak di suatu tempat atau acara, tapi saya merasa jauh lebih mendingan dibanding jaman sekolah dulu :) Jika Anda, seperti saya, masih berjuang dengan rasa malu, yuk simak 9 cara mudah yang telah saya lakukan untuk mengatasi sifat pemalu.



1. Fokus Pada Sisi Positif Anda

Sebagian besar orang yang pemalu biasanya memiliki rasa percaya diri yang rendah. Ya sebenarnya ada lagi tips untuk mengatasi krisis rasa percaya diri, tapi itu akan kita bahas lain kali. Sementara itu, cobalah temukan dua atau tiga hal dari diri Anda yang bisa membuat Anda percaya diri, misalnya; senyum manis Anda, atau kecepatan berhitung Anda yang diatas rata-rata, kemampuan Anda memasak kue, dan lain-lain. Fokus pada sisi positif Anda ketika bersosialisasi, daripada sibuk memikirkan kekurangan Anda.

2. Anda Bukanlah Pusat Perhatian

Jika Anda ingin mengatasi rasa malu, perlu diingat -- bila lain kali Anda hadir dalam sebuah pesta atau acara sosial lainnya -- bahwa Anda bukanlah pusat perhatian. Tidak ada orang yang menatap atau menilai diri Anda! Kebanyakan manusia hanya sibuk dengan diri mereka sendiri. Bila Anda merasa telah berdandan sewajarnya, memakai baju yang warnanya tidak membuat orang sakit mata, maka kemungkinan besar orang-orang yang memandang kearah Anda hanya sekedar menatap nanar karena tidak tahu harus melihat kearah mana lagi. So, relax girl... ;)

3. Jangan Melabeli Diri Anda Sebagai Si Pemalu!

Saya sering bertemu orang yang ketika memperkenalkan diri sembari meminta maaf karena dirinya pemalu. Lho kenapa? Kok bangga jadi pemalu? Mengapa harus merendahkan diri sendiri dengan memberi label pemalu ketika berkenalan dengan orang lain (atau pada diri sendiri)? Anda tidak pemalu! Anda memang sedang berjuang mengatasi rasa malu, tapi bukan pemalu. Jadi berhentilah melabeli diri sendiri! Sifat ini bisa merusak rasa percaya diri Anda.

4. Bernafaslah Pelan-Pelan

Setiap kali saya mulai merasa canggung, atau tegang ketika bersosialisasi, saya berkonsentrasi pada pernapasan saya (mengatur nafas) dan saya berusaha memastikan agar semua gerakan saya tidak tergesa-gesa, terburu-buru, atau canggung. Teknik sederhana ini ternyata sangat membantu lho, coba deh!

5. Jangan Berusaha Untuk Menjadi Sempurna

Tidak ada manusia yang sempurna. Saya tidak sempurna. Anda juga tidak sempurna. Jadi, berhentilah mengkhawatirkan apa kata orang lain atau bahkan diri sendiri. Jika bagian dari rasa malu Anda berasal dari ketidakyakinan apakah Anda akan gagal atau berhasil dalam suatu situasi -- buang jauh-jauh pikiran tersebut! Sekali lagi, TIDAK ADA yang sempurna.

6. Jangan Menghindari Ajang Bersosialisasi

Ketika Anda berjuang untuk mengatasi rasa malu, Anda akan tergoda untuk menutup jendela, mengunci pintu, dan tinggal seharian di rumah. Jangan lakukan itu! Pergilah keluar dimana Anda bisa berada di sekitar orang lain, dan mempraktekkan keterampilan bersosialisasi untuk mengatasi rasa malu. Ini tidak mudah, tetapi satu-satunya cara untuk mengatasi rasa malu adalah dengan sering-sering berlatih.

7. Belajar Untuk Menerima Pujian dan Penolakan

Kadang bila seseorang memberi pujian kepada kita, kita malah tidak tahu harus berbuat apa. Padahal sederhana saja, cukup dengan tersenyum dan mengucapkan terima kasih. Hindari keinginan untuk menjawab pujian itu dengan berkata, "Ah aku lukisanku gak sebagus itu kok. Malah menurutku jelek sekali!" Hal ini justru bisa membuat orang yang memuji kita jadi tersinggung atau salah tingkah, sehingga membuat Anda semakin malu. Terimalah pujian dengan lapang dada. Lalu bagaimana dengan Penolakan? Semua orang pernah mengalami penolakan, bahkan penulis buku sekaliber Stephen King dan J.K. Rowling saja pernah belasan bahkan puluhan kali ditolak. Jadi santai saja, semua orang pernah mengalaminya, tidak terkecuali Anda.

8. Catat, dan Belajarlah Dari Kesalahan

Orang yang sedang diet atau berjuang mengatasi kecanduan biasanya punya sebuah jurnal untuk mencatat kemajuan mereka, merayakan prestasi yang dicapai, dan mencatat kesalahan-kesalahan sehingga dapat belajar darinya. Mengapa Anda tidak berbuat sama? Ini adalah salah satu metode yang baik untuk belajar mengenal diri Anda sendiri untuk menjadi manusia yang lebih baik.

9. Cari Dukungan Dari Orang-Orang Disekitar Anda!

Kemungkinannya adalah, ada beberapa orang dalam hidup Anda yang mau membantu Anda mengatasi rasa malu. Ceritakan niat Anda ini, dan terima tawaran mereka untuk membantu! Dukungan mereka akan membuat Anda jauh lebih mudah ketika harus menghadiri pesta atau acara sosial lainnya dimana Anda tahu kalau akan ada setidaknya satu orang yang familier sehingga tidak membuat Anda canggung berada diantara banyak orang. Meskipun cara-cara ini kelihatannya tidak mudah, Anda harus percaya bahwa Anda bisa mengatasi sifat pemalu! 


Semua tips ini dapat dilakukan secara terpisah, tidak perlu langsung sekaligus. Tetapi jika Anda mau mempraktekkannya sekaligus... Anda pasti bisa melakukannya! Kira-kira tips mana yang akan Anda coba terlebih dahulu?   


foto: TPG images

No comments:

Post a Comment