Friday, 20 July 2012

8 Tips Bagaimana Berteman Dengan Mantan Anda


Tidak mudah berteman dengan mantan Anda. Apalagi kalau salah satu dari kalian berdua masih saling mengharapkan atau kalian tidak putus secara baik-baik. Tapi diluar semua alasan itu, jika Anda pikir hal ini bisa saja berhasil, maka Anda membutuhkan beberapa tips berikut dari kami!



1. Jujurlah Pada Perasaan Anda

Jika ingin tetap berteman dengan mantan, Anda harus jujur pada perasaan Anda -- dan begitu juga pasangan Anda. Tak ada yang lebih buruk daripada jika salah satu dari kalian berdua masih menyimpan perasaan cinta tapi yang lainnya tidak. Hal ini bisa berdampak buruk pada persahabatan yang ingin Anda jalani.

2. Pikirkan Alasan Anda Putus

Mengapa kalian putus? Jika ia mengkhianati Anda atau Anda berbohong kepadanya tentang sesuatu hal, bersahabat dengannya mungkin bukan ide yang baik. Lagipula, persahabatan harus dilandasi kepercayaan, dan sulit untuk mempercayai seseorang ketika Anda telah dikhianati. Bahkan jika kalian pisah baik-baik, alasan tersebut mungkin dapat membuat persahabatan jadi lebih sulit -- atau sama sekali tidak mungkin.

3. Tetap Platonik

Tips yang paling penting tentang cara berteman dengan mantan Anda: Jadilah teman biasa. Anda tidak bisa terus bermain-main dengan emosi masing-masing. Jangan menciumnya, jangan bersikap mesra, bahkan jangan sekali-sekali berpegangan tangan, karena nanti Anda dikira memberinya harapan dan persahabatan kalian jadi membingungkan. Jangan berteman tapi mesra. Cukup berteman saja. Titik.

4. Beri Jeda Waktu

Setelah putus, Anda perlu waktu untuk menyembuhkan perasaan Anda. Jangan berpikir kalau Anda bisa langsung berteman kembali. Lebih baik, beri diri Anda sekitar dua bulan untuk melupakan segalanya. Itu juga dapat memberi Anda waktu untuk mengatasi perasaan yang belum terselesaikan, yang kemudian dapat bermanfaat bagi persahabatan.

5. Jangan Cemburu

Kalian berdua telah putus. Kalian bukan pasangan lagi. Jika Anda ingin belajar bagaimana berteman dengan mantan Anda, Anda harus menjauhi rasa cemburu. Dia telah melanjutkan hidupnya, begitu juga Anda. Jika ia mulai berpacaran dengan orang lain, jangan marah atau dendam. Jangan menjadi mantan pacar yang gila. Anda tidak harus berteman dekat dengan pacar barunya, tapi hormatilah perasaannya. Itulah yang dilakukan oleh seorang teman baik.

6. Anda Tahu Mengapa Ingin Berteman Dengannya

Mengapa Anda ingin berteman dengannya? Jika karena Anda benar-benar suka dengan mantan Anda -- bukan naksir ya -- tapi lebih kepada kepribadiannya yang hebat, atau Anda masih punya hubungan kerjasama yang baik dengannya... Silahkan lanjutkan persahabatan Anda. Tapi kalau itu karena Anda masih mencintainya, well... mendingan jangan deh!

7. Tetapkan Batasan

Anda harus bersedia menetapkan batasan jelas pada mantan -- terutama batas-batas emosional. Misalnya, jika Anda berselisih paham dengannya, jangan terlalu emosi menghadapinya. Juga jangan langsung lari mencarinya setiap kali Anda punya masalah. Ingat kalian hanya berteman, bukan pasangan lagi. Usahakan persahabatan Anda tetap ringan dan santai, karena jika tidak Anda mungkin akan tersedot kembali ke dalam hubungan serius.

8. Jangan Menganalisa Terlalu Dalam

Terakhir, jangan menghabiskan seluruh waktu Anda menganalisa mengapa kalian sampai putus. Semua sudah berakhir, apapun itu yang sudah terjadi tidak akan kembali lagi. Ambil hikmahnya, jalani persahabatan Anda apa adanya, bertemu orang baru, dan biarkan semua mengalir seperti air.


Apakah Anda masih berteman baik dengan mantan Anda atau sebaliknya? Ceritakan pada kami ya! :)


foto: weheartit

No comments:

Post a Comment