Friday, 24 August 2012

10 Tips Tampil Cantik Bagi Ibu Hamil


Kehamilan adalah masa-masa yang menggairahkan sekaligus emosional. Tapi seberapa pun bahagianya Anda menantikan sang buah hati, kenyataannya Anda telah kehilangan kontrol atas tubuh Anda. Bagi kebanyakan wanita, perubahan hormon dan membesarnya tubuh bisa sangat mempengaruhi penampilan. Makeup menjadi sangat penting agar Anda tetap tampil cantik dalam masa kehamilan. Tidak ada aturan khusus bagaimana cara ber-makeup sewaktu hamil. Anda bisa tampil manis dengan lipstik dan blush on bernuansa pink -- boleh juga tampil seksi dan dramatis -- mencat kuku Anda dengan warna gelap, serta memakai lipstik merah. Terserah Anda! Berikut ini adalah tips bagaimana Anda bisa tetap cantik selama masa kehamilan.



1. Gunakan Blush On

Ada beberapa perempuan hamil yang pipinya terlihat segar secara alami. Orang menyebutnya "pregnancy glow". Tapi bila Anda tidak termasuk kategori itu, gunakan blush on atau bronzing powder. Tersenyumlah, lalu aplikasikan di bagian bulat menonjol di pipi Anda dengan kuas, dan ratakan.


2. Mencat Rambut

Dokter biasanya melarang ibu hamil untuk mengecat rambut. Bila tidak perlu-perlu amat, saya sarankan lebih baik Anda menghindari treatment ini. Tapi bila mau, gunakan pewarna natural seperti Henna. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan Anda.


3. Perawatan Tubuh

Memanjakan tubuh dimasa kehamilan sangatlah penting. Setelah tubuh mengalami perubahan hormon yang ekstrim, Anda butuh perhatian khusus. Lagipula, setelah bayi Anda lahir, Anda akan punya sedikit sekali waktu untuk yang satu ini! Pergi ke spa dan biarkan tubuh Anda dipijat dengan lembut. Anda akan merasa lebih segar juga rileks.


4. Pakai Cat Kuku

Jangan lupa jari tangan dan kaki Anda. Pergi ke tempat manikur dan pedikur untuk mempercantik kuku Anda! Pilih warna sesuai mood, tak ada batasan bagi ibu hamil kok.


5. Gunakan Minyak Aromaterapi

Bila di kamar mandi Anda ada bathtub, tuang beberapa tetes minyak aromaterapi ke dalam air hangat dan berendamlah. Menghirup aromaterapi bisa mengusir stres dan memperbaiki mood wanita hamil yang sering berubah-ubah.


6. Oles Cocoa Butter

Kulit wanita hamil cenderung kering, jadi jangan lupa untuk selalu mengoleskan body cream yang agak berminyak seperti cocoa butter ke seluruh tubuh terutama perut dan bokong. Tidak hanya melembapkan dan harum, cocoa butter bisa meminimalkan stretch marks pada tubuh.


7. Pakaian Hamil

Saya tidak menyarankan Anda membeli baju khusus hamil. Pertama, baju hamil itu sangat mahal dan hanya bisa dipakai jangka pendek. Kedua, baju hamil potongannya sama sekali tidak menarik, cenderung membuat tubuh Anda kelihatan semakin bulat. Lebih baik Anda membeli legging dan jeans dengan karet di bagian perut, atau baju terusan seperti gamis atau kaftan. Untuk atasan, Anda boleh bereksperimen sesuka hati. Cari yang tidak terlalu ketat, dan menyerap keringat. Favorit saya waktu hamil adalah model peasant dress atau kemeja suami saya (ukuran besar) yang dipadu dengan blazer berwarna cerah.


8. Pakai Sepatu Nyaman

Hak tinggi bisa berbahaya bagi wanita hamil. Ketika tubuh semakin membesar dan kaki yang membengkak, kita sering hilang keseimbangan. Gunakan sepatu tanpa hak seperti ballet pumps, atau sandal cantik yang nyaman. Bila memang harus memakai hak (acara kantor, kawinan), gunakan hak rendah dengan tumit tebal.


9. Jangan Potong Rambut

Banyak wanita hamil yang langsung memotong rambutnya dengan alasan gerah. Kecuali rambut Anda rontok karena perubahan hormon, cobalah untuk menahan diri membuat keputusan drastis seperti memangkas rambut indah Anda -- takutnya Anda menyesal nanti. Lebih baik ikat ekor kuda rambut Anda untuk penampilan sehari-hari.


10. Siapkan Tas Makeup untuk di Rumah Sakit Nanti

Siapkan alat makeup Anda dalam bentuk mini untuk di rumah sakit nanti. Masukkan lipstik warna natural, sebuah blush on, concealer, bedak, pelembap dan pembersih wajah. Tinggalkan parfum di rumah. Anda akan bersyukur nanti saat para tamu mem-posting foto Anda dan bayi Anda di Facebook, paling tidak wajah Anda terlihat segar ;).


Bila Anda merasa tidak setuju dengan tips diatas, tidak masalah. Yang terpenting dalam masa kehamilan adalah kesehatan Anda dan bayi Anda. Nikmatilah masa paling indah menjadi seorang ibu :).


foto: weheartit


No comments:

Post a Comment