Wednesday, 15 August 2012

Pin It


Get Gadget

7 Alasan Anda Harus Minum Air Lemon Hangat Setiap Pagi


Bagaimana cara Anda memulai hari sangatlah penting. Apakah Anda seorang ibu rumah tangga, atlet, penulis, pengusaha atau guru yoga, hal pertama yang Anda lakukan di pagi akan berpengaruh besar. Berdasarkan filosofi Ayurvedic, pilihan yang kita buat dalam rutinitas sehari-hari akan memperkuat resistensi tubuh terhadap penyakit, atau malah sebaliknya. Pikiran Anda mungkin menyuruh Anda untuk segera memeriksa email, mengantar anak-anak sekolah, kalau tidak Anda bisa terlambat kerja, dan Anda tidak punya cukup waktu untuk melakukan ritual pagi. Tapi, jika Anda mau meluangkan sedikit waktu untuk satu ritual yang dapat memperbaiki kesehatan Anda.... mengapa tidak? Awali hari dengan perasan setengah jeruk lemon dan secangkir air hangat (bukan air panas)!
Karena campuran ini dapat:


1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Lemon kaya akan vitamin C dan kalium. Vitamin C sangat bagus untuk melawan pilek dan kalium menstimulasi fungsi otak dan saraf serta membantu mengontrol tekanan darah.


2. Menyeimbangkan pH

Lemon adalah makanan yang mengandung alkali. Ya, rasanya memang asam dari sananya, tapi di dalam tubuh kita lemon mengandung basa yang tinggi. Seperti yang Anda tahu, tubuh yang tinggi alkali adalah kunci kesehatan.


3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Lemon tinggi serat pektin, yang membantu melawan karena rasa lapar karena ngidam. Ini membuktikan bahwa orang yang menjaga pola makannya dengan diet tinggi alkalin akan lebih cepat menurunkan berat badan dibanding yang tidak. 


4. Membantu Pencernaan

Air hangat berfungsi untuk merangsang saluran pencernaan dan gerakan peristaltik -- gelombang kontraksi otot dalam dinding usus yang membantu makanan tetap bergerak. Lemon dan limau juga tinggi mineral dan vitamin dan membantu melonggarkan kotoran, atau racun, di saluran pencernaan.


5. Berfungsi Sebagai Diuretik Alami

Air perasan lemon membantu menghalau material yang tidak diinginkan di dalam tubuh, sebab lemon meningkatkan laju air seni di dalam tubuh. Racun dilepaskan lebih cepat sehingga membantu menjaga saluran kemih Anda tetap sehat.


6. Membersihkan Kulit

Vitamin C membantu mengurangi keriput dan noda di kulit. Air lemon membersihkan toksin dari darah yang membantu menjaga kulit Anda tetap cerah.


7. Menghidrasi Sistem Kelenjar Getah Bening

Secangkir air ajaib ini membantu Anda tetap terhidrasi sejak saat bangun tidur. Ini membantu mencegah kelelahan adrenal, karena ketika Anda mengalami dehidrasi, tubuh tidak dapat melakukan fungsinya dengan benar. Sehingga menyebabkan penumpukan racun, stres, sembelit, dan sebagainya. Adrenal Anda kebetulan berbentuk dua kelenjar kecil yang duduk tepat di atas ginjal, bersama dengan tiroid, dan menciptakan energi. Mereka juga bekerja mengeluarkan hormon penting, termasuk aldosteron. Aldosteron adalah hormon yang mengatur tingkat air dan konsentrasi mineral, seperti sodium dalam tubuh, untuk membantu Anda tetap terhidrasi. Adrenal Anda juga bertanggung jawab untuk mengatur respon stres Anda. Jadi, intinya adalah jangan main-main dengan yang namanya dehidrasi.


Cobain deh, ritual minum secangkir air hangat dengan air perasan setengah lemon di pagi hari selama satu bulan. Jangan heran jika Anda mulai merasakan energi baru untuk memulai hari. 


foto: pinterest


4 comments:

  1. kalau saya biasanya mala hminum kopi, nampaknya harus menghilangkan kebiasaan yang kurang baik ini
    nice share

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Jefry,

      Sama dong...! :D Saya juga dulu sering minum kopi tiap pagi. Malah sehari bisa 4 cangkir. Udah kecanduan soalnya hehehe.... Tapi sekarang untuk ngurangin kafein, saya ganti minum lemon tiap pagi dan minum kopinya pas sore2 aja sekitar jam 5 ;)
      thank you commentnya ya!

      Delete
  2. sudah 2 bulan minum perasan lemon. Jus lemon 1 butir itu saya minum tiap pagi (minum air hangatnya 30 menit setelahnya). Ini saran teman untuk mengatasi gangguan maag. Tadinya nggak percaya, ternyata benar lho, cairan yang asam banget itu tidak membuat sakit perut, sampe sekarang tidak pernah lagi nyeri-nyeri lambung. ISNANI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you sharenya :). Moga2 sehat terus ya...!

      Delete