Saturday, 5 January 2013

Pin It


Get Gadget

10 Tips Cara Bangun Lebih Pagi

Apa keuntungannya bangun lebih pagi? Yang pasti dengan memulai hari lebih cepat, semakin banyak pula yang bisa kita kerjakan. Buat saya dengan bangun pagi karena udaranya masih segar, suasananya lebih senyap, bisa memunculkan mood yang bagus buat memulai aktivitas. Pikiran lebih jernih, fokus, otomatis produktivitas mengingkat. Manfaat bangun pagi juga menghindarkan saya dari tekanan. Mana enak sih diburu-buru waktu? Dengan bangun pagi, saya bisa santai menikmati sarapan pagi, minum kopi secara perlahan, dan mulai mengerjakan tugas utama yang sudah saya rencanakan malam sebelumnya. Just having some "me" time. 

Anyway, setelah trial dan error, ini beberapa tips yang saya praktekan supaya bisa bangun lebih pagi setiap hari:



1. Segera Tidur Jika Tubuh Mulai Lelah


Saya membiasakan rebahan di ranjang - bukan tidur, ya - sekitar pukul 22.00, karena di jam segitulah badan saya mulai terasa capek. Karena kalau saya paksakan tidur dibawah jam itu, yang ada saya malah melek dan bermain handphone... hehehe, karena memang belum capek. Nah, biasanya begitu rebahan, kira-kira sepuluh menit kemudian, langsung deh 'tewas'... hehe. Bagi Anda yang bekerja online dari rumah, hal tersulit adalah adalah kebiasaan bekerja non-stop karena keasikan, ya gak? ;p Ingat, kalau tidurnya kemalaman, bangunnya juga pasti kesiangan. Jadi segera naik keatas ranjang begitu mulai merasa lelah. Lebih baik tidur cepat, sehingga esok pagi bisa bangun lebih pagi untuk menyelesaikan kerjaan kita. Kebanyakan begadang juga gak baik buat liver.


2. Siapkan Semuanya Pada Malam Sebelumnya

Sebelum tidur, biasakan untuk merencanakan apa yang hendak kita lakukan besok. Dari sekian banyak tugas, pilih yang terpenting dan mendatangkan keuntungan buat kita. Misalnya, kalau pilihannya antara menyapu lantai dengan joging 15 menit keliling kompleks, ya kita pilih yang kedua dong. Nyapu lantainya bisa agak siangan aja, hihi.. Nah, begitu selesai bikin prioritas, siapkan semua peralatan yang kita butuhkan untuk esok hari. Kalo dalam kasus saya, ini juga termasuk menyiapkan seragam sekolah dan lunch-box anak saya, biar gak buru-buru pas berangkat. Pokoknya semua yang musti dikerjakan pada pagi hari, saya siapkan malam sebelumnya. Setelah itu segera tidur dan beristirahat. Kalo ini kita lakukan secara rutin, pasti hidup kita mengalami kemajuan lebih besar karena sementara orang lain masih asik bermimpi, kita sudah action mengerjakan tugas utama kita lebih awal. Ada yang bilang, kemenangan dalam perlombaan kadang tidak ditentukan oleh siapa yang tercepat, tapi siapa yang mulai lebih awal ;)


3. Pasang Alarm. Taruh di Seberang Ruangan


Dulu beberapa kali saya tanpa sadar mematikan alarm handphone saya setiap bangun pagi. Yang ada setiap pagi juga saya kesiangan karena baru benar-benar bangun setengah jam kemudian.. *waks!* Jadi mulai saat itu saya meletakkan handphone di meja deket pintu kamar biar saya bisa memaksakan diri untuk berdiri dan mematikan alarmnya.


4. Siapkan Gelas Isi Air Putih Disamping Tempat Tidur


Minum satu gelas air putih begitu bangun tidur. Setelah tidur semalaman, badan kita sedikit dehidrasi. Dan entah kenapa, setelah minum air putih tubuh ini sepertinya tahu bahwa sudah waktunya bangun sehingga badan jadi lebih segar.


5. Cari Alasan Tepat untuk Bangun Pagi


Boleh cari alasan remeh, misalnya, "Ah saya mau bikin pancake untuk sarapan bersama anak-anak", atau "Mau yoga 15 menit dulu sebelum kerja.", "Pingin main game online setengah jam aja sebelum mandi." Atau alasan yang lebih serius seperti, "Pingin nerusin mengetik satu bab artikel untuk blog... sedikit lagi selesai.", "Mau berangkat lebih pagi ah, supaya bisa nebeng supir kantor untuk ketemu klien." dan sebagainya... Yah, pokoknya pikirkan apa saja yang bisa bikin kita semangat bangun pagi.


6. Lompat Dari Tempat Tidur


Sebenernya bukan berarti lompat beneran sih..! Bisa pusing nanti, hehehe... Maksud saya adalah, begitu alarm bunyi tanpa pikir panjang langsung minum air putih dan turun dari ranjang, buka pintu, dan keluar kamar. Biasanya setelah itu saya langsung sadar sesadar-sadarnya. Trik ini mencegah saya tergoda untuk kembali ke tempat tidur saya yang hangat :)


7. Buat Jadi Suatu Rutinitas


Artinya, usahakan untuk selalu bangun pada jam yang sama, bahkan saat akhir pekan. Karena jika kita cuma bangun pagi saat hari kerja dan kesiangan saat akhir pekan, dijamin pas hari Senin-nya kita bakalan susaaahh banget buka mata. Kenapa? Karena kita sudah merusak pattern yang kita buat. Badan kita harus start dari awal lagi. Saya sendiri masih suka tergoda untuk bangun siang saat weekend, tapi toh tetep saja gak bisa, karena di akhir minggu saya tetap harus mengurus anak-anak yang kalau pagi banyak banget maunya... :p Jadi lebih baik tetap lakukan rutinitas yang sama setiap hari, entah itu, jalan pagi, sholat Subuh bagi yang muslim, atau baca satu bab novel yang baru dibeli kemarin.


8. Jangan Minum Kopi Atau Sesuatu Yang Mengandung Kafein Sebelum Tidur 


Kopi, teh, cola, dan teman-temannya punya efek stimulasi yang menyebabkan kita "ON" selama beberapa jam kedepan. Kafein juga bisa membuat tubuh kita susah untuk rileks. Yah sebenarnya efeknya beda-beda pada setiap orang sih, tapi lebih baik hindari dulu kalau memang niat bangun pagi. Siapa tau kualitas tidur kita jadi lebih baik. Lebih baik konsumsi minuman ini jika Anda ingin tidur lebih nyenyak.


9. Matikan TV dan Computer 2 Jam Sebelum Tidur


Menatap layar TV dan computer dalam jangka waktu lama bisa menstimulasi otak berlebihan. Akibatnya Anda malah susah tidur atau bahkan bermimpi buruk. Biarkan otak beristirahat sejenak sebelum Anda naik ke tempat tidur. 


10. Tidur Siang


Nah, buat saya yang punya "kemewahan" untuk bisa tidur siang karena kerja dari rumah, kesempatan ini tidak saya sia-siakan. Kalau kita sulit bangun pagi, bisa jadi badan kita sebenarnya memang kurang istirahat. Saya menyiasatinya dengan tidur siang. Gak usah lama-lama, sekitar setengah sampai satu jam saja setelah makan siang. Begitu bangun, badan segar lagi, dan bisa kembali beraktivitas.


Kesimpulannya....

Untuk bangun lebih pagi memang butuh perjuangan dan motivasi, tapi alhamdulillah saya berhasil melakukannya secara konsisten. Awalnya emang beraaattt sekali, sampai saya pernah menyerah dan bangun kesiangan lagi selama sebulan. Tapi begitu saya menerapkan tips diatas sedikit-sedikit, akhirnya berhasil juga dan sekarang rasanya badan saya tidak enak kalau kelamaan tidur. Dan hasilnya juga hidup rasanya lebih produktif dan berkualitas karena saya jadi punya lebih banyak waktu untuk merefleksikan apa yang sudah saya lakukan dan apa yang ingin saya raih. Kata orangtua, jangan bangun kesiangan, nanti rejekinya dipatok ayam, hehehe... Ada yang mau komentar?



Foto: buzzle.com

2 comments:

  1. Terimakasih gan tips di artikelnya

    moga bertambah ilmunya dan manfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 ya ululf01! Thanks for stopping by ;)

      Delete